Rabu, 16 Juli 2014

RPP Descriptive text kelas VIII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMP                                                                         
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VIII/1 (satu)
Materi Pokok             : Teks deskriptif lisan dan tulis,pendek dan sederhana, tentang orang.
Alokasi Waktu           : 1 X 15 menit

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.       Kompetensi Inti

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1      Mengungkapkan rasa        syukur atas kesempatan        dapat belajar bahasa        Inggris
2.

2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1      Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.2      Tidak menyalahkan     orang lain atas  tindakannya sendiri
2.2.3      Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa   diingatkan orang lain.
3.
3.10. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10.1 Menulis teks deskriptif tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.
4.11.    Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana.




4.12. Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



4.12.1    Menyatakan sifat dan             ciri fisik orang secaralisan dengan akurat, lancar dan berterima


C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)             Mengamati dan mengidentifikasi gambar orang yang ditunjukkan oleh guru secara seksama
2)             Menanggapi pertanyaan yang diberikan guru berdasarkan gambar secara lisan
3)             Mengidentifikasi informasi rici dari text deskriptif secara akurat
4)             Mengidentifikasi generic structure dari text deskriptif secara berpasangan
5)             Menulis deskripsi dari gambar yang ada secara individu
6)             Membuat tex deskriptif secara individu

D.      Materi Pembelajaran 
Fungsi Sosial          : Mendeskripsikan orang untuk kepentingan menjual, membeli, mengenalkan,melaporkan kehilangan.

Struktur Teks         :   
·      Penyebutan nama orang yang dipilih untuk dideskripsikan
·      Penyebutan sifat orang, dan
·      Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang.
Panjang teks: kurang lebih 6 (enam) kalimat.
I have a friend, her name is vivi. She is a beautiful girl. She has black short straight hair. Her skin is white. She has slim body .She also smart girl.

Unsur Kebahasaan:    
(1)   Pertanyaan dan pernyataan tentang deskripsi
·         How does your brother look like?
·         He’s short and wears glasses
·         wears glasses
(2)   Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(3)   Kata ganti it, they, she, we, dst; our, my, your, their, dst.
(4)   Kata sifat, tanpa atau dengan penambahan kata quite, very, atau kombinasi seperti dark brown, nice little boy, dan semacamnya.
(5)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(6)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik:
Berbagai hal terkait dengan orang.
E.       Metode Pembelajaran
Scientific Approach
F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
Gambar orang

2.      Alat
Realia benda, board marker, kertas karton

3.      Sumber Pembelajaran
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 125.
b.      Board of Studies New South Wales. 1998. English K-6 Modules. Sydney: Board of Studies NSW. Hal. 85.
c.       Amos E., Prescher E., & Raby J.1998. Winner Student Book 1. Jakarta: Pearson Education Asia Pte Ltd. 69.
d.      Http://youtube.com


G.    Langkah-langkah pembelajaran

a.       Pendahuluan (3 menit)

1)      Guru memberi salam.
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3)      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan inti (10 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik diminta mengamati dan mengidentifikasi gambar yang ditunjukkan oleh guru (task 1)
Menanya
2)   Peserta didik merespon pertanyaan yang berkaitan dengan gambar secara lisan (task 2)
Mengeksplorasi
3)   Peserta didik diberikan contoh text deskriptif dan mereka menjawab pertanyaan sesuai text (task 3)
4)   Secara berpasangan siswa menganalisis fungsi sosial, generic structure dan unsur bahasa yang digunakan dalam text deskriptif (task 4)
Mengasosiasi
5)   Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas
Mengkomunikasikan
6)   Peserta didik membuat text deskriptif (task 5)

Penutup (2 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru memberikan tugas untuk peserta didik untuk mencari contoh-contoh deskriptive text dari internet (task 6)
4)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

A.     Penilaian
1.       Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Tanggung jawab
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan

2
Peduli
3
Kerjasama
4.
Cinta damai

Lembar Pengamatan:
No
Nama Siswa
Sikap
Nilai


Tanggung Jawab
Peduli
Kerja Sama
Cinta Damai
1
2
3



















.
Kreteria Penilaian Sikap:

No
Tanggung Jawab
Skor
1
Melaksanakan tugas dengan baik tepat waktu.
3
2
Melaksanakan tugas tetapi tidak tepat waktu.
2
3
Tidak melaksanakan tugas
1

Peduli

1
Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
3
2
Sedikit bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
2
3
Tidak  bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
1

Kerja Sama

1
Bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Tidak sepenuhnya dan kurang proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
1

Cinta Damai

1
Menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Sedikit menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
1
     Keterangan :
3        =  A      (Bagus)
2    =  B      (Cukup)
1    =  C      (Kurang)
B.     RUBRIK PENILAIAN WRITING.
No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Isi
·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

27 – 30

22 – 26

17 – 21

13 – 16
2.
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
3.
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
i.                                             
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik


Sedang


Kurang


22 – 25

18 – 21


11 – 17


5 – 10

5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang

5
4

3

2
6.
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

5
4
3
2

 

Jumlah Skor Perolehan


Nilai Yang Diperoleh = ----------------------------------------- x 100
                                         Jumlah Skor Maksimum

















…….,……………..
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ..

1 komentar:

  1. terima kasih rpp ny, sangan bermanfaat untuk dijadikan acuan/patokan

    BalasHapus