Jumat, 11 Juli 2014

RPP Procedure text XI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMA                                                            
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : XI/1 (satu)
Materi Pokok             : Teks prosedur berbentuk tulis
 Alokasi Waktu          : 1 X 15 menit

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.       Kompetensi Inti

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.6.1.  Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks prosedur


2.
4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).


4.10 Menyunting teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9.1. Membaca tex prosedur berbentuk tulis
4.9.2. Membuat teks prosedur berdasarkan instruksi yang diberikan.



C.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:

1. Siswa dapat mengidentifikasi struktur teks dari teks prosedur yang telah ditunjukkan oleh guru dengan benar.
2. Siswa dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks prosedur yang telah ditunjukkan oleh guru dengan benar.
3. Siswa dapat membaca tex prosedur berbentuk tulis setelah guru memberikan contoh teks dengan jelas.
4. Siswa dapat membuat teks prosedur berdasarkan instruksi yang diberikan oleh guru.

D.      Materi Pembelajaran

Fungsi Sosial: Menyelesaikan pekerjaan, secara lengkap dan urut.
Struktur Teks:    
menyebutkan bahan/bagian dari benda yang dipaparkan secara lengkap, serta daftar langkah yang dilakukan
Unsur Kebahasaan:
·      simple present tense
·      imperative,
·      Nomor yang menyatakan urutan
·      kata keterangan
·      ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, tulisan tangan yang jelas dan rapi.   

Topik:

Teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)

E.       Metode Pembelajaran:

Scientific Approach

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media           : Gambar

2.      Alat                           : Realia benda, board marker, kertas karton

3.      Sumber Pembelajaran:
·     Koran/ majalah berbahasa Inggris
·     Sumber dari internet:

G.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama:
a.    Pendahuluan (3 menit)
1)      Guru memberi salam
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa
3)      Guru mengingatkan tentang materi pembelajaran sebelumnya
4)      Guru menjelaskan tentang materi pembelajaran yang akan diberikan

b.    Kegiatan inti (10 menit)
Mengamati
1)      Siswa diminta mengamati dan mengidentifikasi gambar yang ditunjukkan oleh guru
Menanya
2)   Siswa merespon pertanyaan yang berkaitan dengan gambar secara lisan
Mengeksplorasi
3)   Siswa diberikan contoh text prosedur
4)   Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa yang digunakan dalam text prosedur
Mengasosiasi
5)   Siswa berpasangan menganalisis dan mencocokkan kalimat yang sesuai dengan gambar
Mengkomunikasikan
6)   Siswa membacakan pernyataan/kalimat yang telah dianalisis

Penutup (2 menit)
1)      Siwa  dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
2)      Siswa dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Siswa dan guru mengucapkan salam perpisahan.

Pertemuan kedua:
a.    Pendahuluan (3 menit)
1)      Guru memberi salam.
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3)      Guru mengingatkan tentang materi pembelajaran sebelumnya
4)      Guru menjelaskan materi pembelajaran selanjutnya

b.      Kegiatan inti (10 menit)
5)      Dalam kerja kelompok, siswa menuliskan material dan step berdasarkan gambar
6)      Dari material dan step yang sudah ada siswa membuat teks prosedur

c.       Penutup (2 menit)
7)      Siwa  dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
8)      Siswa dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
9)      Siswa dan guru mengucapkan salam perpisahan.
A.     Penilaian
1.       Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Tanggung jawab
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan

2
Peduli
3
Kerjasama
4.
Cinta damai

Lembar Pengamatan:
No
Nama Siswa
Sikap
Nilai


Tanggung Jawab
Peduli
Kerja Sama
Cinta Damai
1
2
3



















.
Kreteria Penilaian Sikap:

No
Tanggung Jawab
Skor
1
Melaksanakan tugas dengan baik tepat waktu.
3
2
Melaksanakan tugas tetapi tidak tepat waktu.
2
3
Tidak melaksanakan tugas
1

Peduli

1
Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
3
2
Sedikit bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
2
3
Tidak  bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
1

Kerja Sama

1
Bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Tidak sepenuhnya dan kurang proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
1

Cinta Damai

1
Menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Sedikit menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
1
     Keterangan :
3        =  A      (Bagus)
2    =  B      (Cukup)
1    =  C      (Kurang)

B.     RUBRIK PENILAIAN READING
No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Kelancaran

1.       Siswa membaca dengan kelancaran yang nyaris sempurna
2.       Siswa membaca dengan sedikit diselingi jeda
3.       Siswa membaca dengan frekuensi jeda yang sangat mengganggu sehingga memakan waktu lama


Baik

Sedang
Kurang

3

2
1
2.
Intonasi:

1.      Siswa membaca dengan intonasi yang sesuai
2.      Siswa membaca dengan aksen tertentu
3.      Siswa membaca tanpa intonasi


Baik

Sedan
Kurang

3

2
1

C.     RUBRIK PENILAIAN WRITING
No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Diksi:

1.penggunaan diksi tepat
2.penggunaan diksi kurang tepat
3.penggunaan diksi tidak tepat

Baik
Sedang
Kurang

3
2
1
2.
Tanda baca:

1. siswa  menguasai kaidah penulisan kata
2. siswa kurang menguasai kaidah penulisan kata
3. siswa tidak menguasai penulisan kata

Baik
Sedang
Kurang

3
2


1

Jumlah Skor Perolehan


Nilai Yang Diperoleh = ----------------------------------------- x 100
                                         Jumlah Skor Maksimum







…….,……………..
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar